Sunday 24 April 2016

Minggu Kedua

Masa ovulasi atau periode sel telur matang dan keluar dari indung telur

Apabila siklus menstruasi bunda adalah 28 hari, maka bunda akan berada dalam masa subur pada akhir minggu kedua, atau dengan kata lain diperkirakan masa keluarnya sel telur dari indung telur (ovulasi) terjadi di akhir minggu ini. Setelah keluar, sel telur akan berjalan dari indung telur ke tuba fallopii (saluran yang menghubungkan antara indung telur dan rahim) dan menunggu untuk dibuahi oleh sperma didalam saluran ini. Jadi minggu ini adalah saat yang paling tepat untuk terjadinya pembuahan. 
Apabila berhubungan seksual tanpa pelindung, maka setelah pasangan ejakulasi, 200 - 300juta sperma berenang di dalam vagina, sekitar 300 – 500 sel sperma yang mampu mencapai ampula tuba (dimana sel telur menanti dibuahi), dan hanya 1 sel sperma yang mampu memenangkan persaingan dari jutaan sel sperma lainnya pada  akhir perjalanan. 

Fertilisasi  (penyatuan sperma dan  sel telur)

https://www.biologydiscussion.com

medicaldictionary.thefreedictionary.com
   



















Referensi :
Sadler, T.W.2010.Embriologi Kedokteran Langman.Jakarta:EGC (hal 42-45 :Minggu Pertama Perkembangan Ovulasi Hingga Implantasi)
Varney,Helen.dkk.2007.Buku Ajar Asuhan Kebidanan Edisi 4 Volume 1. Jakarta : EGC (hal, 505, tabel waktu perkembangan manusia pada masa prenatal minggu pertama hingga kesepuluh pasca fertilisasi 

Kalender kehamilan klik dokter.com (diakses tanggal 13 desember 2015)
Gaither,Kecia.2014.Your pregnancy week by week.(diakses tanggal 13 desember 2015)

referensi gambar 




No comments:

Post a Comment