Saturday 13 February 2016

KEHAMILAN


Assalamu’alaikum Bunda...
Kali ini.. kita akan bahas tentang kehamilan di minggu pertama...

Yuk kita lihat pembahasannya...


Trimester Pertama

Minggu Pertama

Hari pertama menstruasi terakhir



commons.wikimedia.org


Bunda.. tahu tidak?? Mengapa usia kehamilan ditentukan sejak hari pertama haid terakhir, padahal bukankah kehamilan itu dimulai dengan menyatunya sel telur dan sel sperma??
Jawabannya karena sulit menentukan secara pasti kapan sel telur matang dan keluar dari indung telur (ovulasi) lalu dibuahi oleh sel sperma (fertilisasi). Sehingga, untuk memudahkannya penentuan usia kehamilan dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Misalnya terakhir kali seorang wanita haid bulan januari 2015 selama 5 hari, dari tanggal 2 hingga tanggal 7 januari. Nah tanggal 2 januari 2015 inilah yang disebut dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan dijadikan sebagai patokan usia kehamilan dan taksiran kelahiran bayi nantinya.

Tips untuk mempersiapkan kehamilan..
Wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Sumber asam folat dapat diperoleh dari sayuran hijau (bayam dsb ), hati, daging tanpa lemak, kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah), gandum, buah jeruk dan lain-lain. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau bidan apabila bunda akan mengkonsumsi suplemen asam folat.

Naah Bunda.... secara ringkas, uraian diatas dapat disimpulkan bahwa usia kehamilan ditentukan dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan salah satu kiat untuk mempersiapkan kehamilan adalah dengan mengkonsumsi sumber asam folat guna mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.   


Referensi :
Buku
Almatsier, Sunita.2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama (Hal, 211 sumber asam folat)
Leveno,Kenneth J dkk.2009.Obstetri Williams Panduan Ringkas Edisi 21. Jakarta : EGC (hal 41 dan 42 Taksiran Usia Gestasi)
Varney,Helen.dkk.2007.Buku Ajar Asuhan Kebidanan Edisi 4 Volume 1. Jakarta : EGC (hal, 524 Periode menstruasi terakhir ; hal 525 Perkiraan Taksiran Partus )


Internet
Kalender kehamilan. http://www.klikdokter.com/healthtools/kalenderkehamilan (diakses tanggal 13 desember 2015)
Gaither,Kecia.2014.Your pregnancy week by week.
Referensi  gambar http://commons.wikimedia.org


No comments:

Post a Comment