Saturday 4 July 2015

Kok gak teratur Ya????


Assalamu’alaikum… sist…
Pernah ngalami hal ini gak??? Setiap kali menstruasi kok gak ditanggal yang sama ditiap bulannya yaaa??? Berarti menstruasiku gak teratur donk??? Masa’ iyaaaa??? Aduuuh gimana yaaaa???
Yuk cari tahuu….!!

Sebelum kita bahas apakah menstruasi yang normal itu terjadi di tiap bulannya, kita bahas dulu tentang menstruasi yaaaa….

Menstruasi itu apa seh ???
Menstruasi adalah proses pengeluaran darah dan jaringan rahim yang terjadi ketika sel telur tidak di buahi oleh sperma. Setiap sebulan sekali telur dilepaskan dari indung telur dan dinding rahim menebal guna mempersiapkan telur yang telah dibuahi untuk menetap didalamnya (proses kehamilan). Jika pembuahan tidak terjadi maka lapisan rahim ini di keluarkan.

commons.wikimedia.org



Bagaimana lapisan dinding rahim menebal ??? lalu mengalami proses pengeluaran seperti gambar di atas??
Dinding rahim menebal karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan oleh proses “pematangan” cadangan sel telur hingga keluar dari indung telur dan berlanjut ke fase sesudahnya. Kedua hormon ini berperan dalam “membangun” dan “mempertahankan” penebalan dinding rahim serta menyediakan makanan bagi penanaman sel telur yang sudah di buahi oleh sperma. Namun jika sel telur tidak di buahi oleh sperma, atau dengan kata lain tidak terjadi kehamilan, maka jumlah kedua hormon ini menurun sehingga tidak ada lagi yang “mempertahankan” lapisan dinding rahim yang mengalami penebalan ini. Akibatnya terjadi pelepasan dan pengeluaran lapisan dinding rahim atau yang kita kenal dengan menstruasi.


Menstruasi atau haid yang Teratur itu... gimana?? 
Menstruasi atau haid dikatakan teratur jika terjadi dalam rentang siklus haid yang normal. Nah apa seh yang dimaksud siklus haid itu?? siklus haid adalah jarak antara hari pertama haid/menstruasi dengan hari pertama haid berikutnya. Pada usia reproduksi (sekitar usia 20 - 40 tahun) rentang siklus normal tidak kurang dari 24 hari, tetapi tidak melebihi 35 hari, 
Lalu,.. apa bedanya lama haid dengan siklus haid ???  lama haid adalah jarak dari hari pertama haid sampai perdarahan haid berhenti,dengan rentang normal 2-8 hari.


Siklus haid pada remaja
Remaja adalah masa peralihan dari pubertas ke dewasa, yaitu pada usia 11 - 19/20 tahun. Masa remaja wanita ditandai dengan terjadinya menstruasi yang pertama kali (menarche), rata –rata di usia 13 tahun dan rentang usia menarche adalah 8 - 16 tahun. Dengan catatan… maksimal di usia 16 tahun, jika disertai pertumbuhan normal dan perkembangan tanda kelamin sekunder seperti payudara yang membesar,adanya rambut ketiak dan rambut kelamin; atau maksimal di usia 14 tahun jika tidak disertai pertumbuhan atau perkembangan tanda kelamin sekunder.
Pada umumnya, dalam beberapa bulan sesudah menarche pola pengaturan hormon belum “matang” atau belum berkembang sempurna. Sehingga, hal ini berpengaruh pada siklus haidnya. Siklus haid normal pada remaja adalah 21- 45 hari. Atau dengan kata lain, jarak dari hari pertama menstruasi dengan jarak hari pertama menstruasi berikutnya adalah 21 hari hingga 45 hari. Di luar rentang ini, berarti gak teratur….

SO.... gimana caranya ya menghitung siklus haid kita ???

Ini contohnya…
Hari pertama keluar darah menstruasi pada tanggal tanggal 09 januari 2014 selama 5 hari. Beri tanda silang (X) pada tanggal 09 januari 2014 di kalender. Begitu juga dengan hari menstruasi pertama di bulan berikutnya guna memudahkan untuk menghitung siklus menstruasi.
Misalnya hari pertama menstruasi dibulan berikutnya pada tanggal 7 02 2014,… dengan lama menstruasi yang sama. Kemudian pada tanggal 03 maret 3014, selama 5 hari pula.
Well... bila dilihat dari tanggal nya gak sama ya??? Keliatan gak teratur… tapi cobalah hitung rentang waktu dari 09 januari ke 07 februari 2014, didapat hasil 29 hari. Begitu juga dengan 07 februari ke tanggal 03 maret 2014, rentang nya adalah 24 hari. Masih dalam rentang siklus normal kaan, sist????

So... sista.. gak perlu khawatir lagi dengan menstruasi / haid tidak di tanggal yang sama....
selagi dalam rentang yang normal, wanita dewasa 24-35 hari dan remaja 21-45 hari.... ini gak masalah... ^_^ 

 
Nah itu dia cara menghitung siklus menstruasi kita…bisa ditulis di diary atau smarphone atau langsung di kalender
Semoga bermanfaat….


Wassalamu’alaikum…


referensi 
buku 
Sadler, Thomas W.2010.Embriologi Kedokteran Langman Edisi 10.Jakarta:EGC (halaman 39-42) 

               







No comments:

Post a Comment